This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

IMPLEMENTASI METODE RLE (RUN LENGTH ENCODING) DALAM KOMPRESI CITRA DIGITAL

Berbagai citra digital disimpan di komputer, walaupun ukuran hard disk sudah semakin besar tetap saja dalam penyimpanan citra memerlukan ruang memori yang cukup besar. Salah satu solusi alternatif untuk meminimalisasi penggunaan ruang memori yaitu dengan mengkompresi citra. Dalam Kompresi Citra Digital dapat menggunakan Metode RLE (Run Length Encoding) yang berguna untuk menyusutkan ukuran file data dengan tetap mempertahankan keutuhan informasi (Lossless Compression). Metode RLE adalah metode kompresi yang menggunakan pendekatan ruang dan biasanya digunakan untuk mengkompresi citra yang memiliki kelompok-kelompok pixel berderajat keabuan sama. Kompresi menggunakan metode ini dilakukan dengan membuat rangkaian pasangan nilai (p,q) untuk setiap baris pixel, nilai pertama (p) menyatakan derajat keabuan, sedangkan nilai kedua (q) menyatakan jumlah pixel berurutan yang memiliki derajat keabuan tersebut yang disebut run length. Dari uji coba, kompresi citra digital menggunakan metode RLE didapatkan hasil yaitu citra dengan dua varian warna hitam dan putih, didapatkan persentase nisbah (selisih antara ukuran citra sebelum dan sesudah dikompresi) sebesar 72% dan pada citra dengan lebih banyak varian warna (256 warna) menghasilkan persentase nisbah sebanyak 50% dari hasil kompresipun tidak nampak perbedaan antara citra asli dan citra setelah dikompresi yang menunjukkan metode RLE bekerja cukup baik dalam mengkompresi citra. Kompresi menghasilkan persentase nisbah rata-rata 58%. Dan citra yang terkompresi masih seperti aslinya.

1 komentar:

didiksulis mengatakan...

permisi saya mau bertanya.adakah kode program yang dapat saya gunakan untuk membuat kompresi citra dengan RLE menggunakan matlab??terima kasih

Posting Komentar